Mengapa Jarak Pupil Penting untuk Kacamata Progresif

Apakah Anda memakai Kacamata Progresif? Pernah bertanya-tanya apa saja faktor yang dipertimbangkan saat membuatnya? Fakta-fakta ini dapat membantu Anda dengan baik terutama ketika Anda mendapatkan resep tentang kacamata korektif.

Berapa jarak pupil?

Jarak pupil (PD) adalah jarak (dalam milimeter) antara pusat-pusat pupil di masing-masing mata. Cara pengukuran khusus ini digunakan ketika bersiap-siap membuat kacamata resep. Menempatkan lensa secara akurat relatif ke pusat pupil terutama penting untuk lensa bertenaga lebih tinggi karena posisi pusat optik lensa. Pengukuran PD memastikan bahwa pusat lensa sejajar dengan pusat pupil Anda. Jarak Pupil harus diukur terlebih dahulu sebelum lensa resep Anda dipotong ke dalam bentuk bingkai Anda. Pengukuran semacam ini digunakan agar pusat optik setiap lensa dapat dipagari dengan pupil Anda untuk memberikan kualitas visual maksimal.

Kacamata Progresif adalah lompatan besar dalam hal kemajuan dalam kacamata korektif. Tiga area jarak fokus digabungkan menjadi satu lensa, menghasilkan hal berikut: Bagian atas lensa difokuskan dalam melihat objek pada jarak tertentu, bagian tengah untuk kapasitas penglihatan jarak menengah (misalnya, judul buku pemindaian di rak perpustakaan ), dan area bawah lensa dioptimalkan untuk jarak pandang yang lebih dekat, (misalnya, membaca teks pada monitor komputer). Melalui jenis lensa multi-fokus ini, pengguna diberikan pengalaman menonton yang lebih realistis karena memberikan lebih banyak kekuatan untuk melihat berbagai jenis jarak secara mulus. Misalnya, seseorang yang berdiri di seberang ruangan dapat terlihat dengan jelas ketika menatap, menggerakkan kepala Anda sedikit setelahnya untuk memeriksa apa yang Anda ketik di PC adalah tugas yang sederhana, dan kemudian memiringkan kepala Anda ke bawah untuk melanjutkan membaca Anda semudah 1-2-3. Hal ini menghasilkan transisi kekuatan lensa yang mulus dan mulus, memungkinkan pengguna untuk mengubah fokus dari jarak pandang yang berbeda jauh lebih cepat dan nyaman.

Sekarang kita tahu ide di balik Kacamata Progresif, sekarang saatnya untuk memasukkannya ke dalam pengetahuan kita tentang Pupillary Distance yang disebutkan beberapa waktu lalu. Anda lihat, ketika dokter mata atau dokter spesialis mata menilai status mata Anda sebelum mereka membuat kacamata resep, P.D dalam salah satu faktor terpenting yang pertama kali mereka pertimbangkan. Suatu "jalan" penglihatan yang optimal dapat ditelusuri ke bawah setiap lensa progresif. Dokter mata akan melakukan pengukuran akurat pada mata Anda dan kemudian bingkai kacamata untuk menyelaraskan "jalur" di lokasi yang sempurna sehingga mata Anda dapat menggunakan kekuatan lensa yang berbeda agar mudah dilihat di semua jarak.

Ketika dipasang untuk pertama kalinya dengan kacamata progresif baru Anda, jangka waktu adaptasi harus diharapkan yang dapat berkisar dari beberapa menit hingga beberapa hari. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kekuatan lensa yang dibaurkan menyebabkan penyimpangan kecil pada area periferal lensa. Jadi jangan terlalu khawatir selama fase transisi ini, cukup berikan beberapa hari atau minggu dan akhirnya masalah ini akan hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *