Keahlian Scrum Master Soft

Seorang Guru Scrum yang baik harus memiliki keterampilan lunak yang bagus untuk menjadi efektif dalam peran mereka. Daftar ini tidak komprehensif, jangan ragu untuk menambahkan lebih banyak di komentar.

Penghubung – fungsi utamanya adalah komunikasi dan penggunaan komunikasi untuk menyelesaikan sesuatu. Guru Scrum selalu memfasilitasi pertemuan dan menggerakkan agenda. Tanpa keterampilan komunikasi yang solid, ini sulit.

Pendengar – Scrum Masters harus menguasai kemampuan untuk mendengarkan pada level satu dan dua. Mereka tidak hanya perlu mengikuti apa yang terjadi dalam proyek dan mengontrol batas-batas pekerjaan yang harus dilakukan, mereka juga perlu mendengarkan hambatan.

Gigih – Scrum Master adalah gatekeeper proses. Kita semua tahu bahwa kebanyakan orang adalah anti perubahan, sehingga perilaku gigih Scrum Master dalam mengajak orang untuk berkolaborasi sangat penting.

Fasilitasi – Scrum Master yang baik harus menguasai seni fasilitasi. Ini jelas merupakan komponen penting dalam kesuksesan keseluruhan diri Anda serta tim Anda. Menjaga pertemuan di jalur, didokumentasikan dan memastikan panggilan hasil untuk fasilitasi yang baik.

Akuntabilitas – Scrum Master pada akhirnya bertanggung jawab untuk proses pengiriman, sehingga orang tersebut harus tahu dinamika seputar RACI terkait per peran. Peran ini memastikan bahwa yang lain mengambil tanggung jawab dan mengambil langkah untuk bertindak saat diperlukan.

Pemimpin Pelayan – Scrum Master (dan pemimpin mana pun dalam organisasi lincah) adalah pemimpin yang melayani secara alami dan memiliki sifat ini pada orang lain dalam tim. Memberi orang-orang dengan ruang dan peluang untuk muncul sebagai pemimpin adalah bagian penting dari peran pemimpin dalam organisasi.

Negosiator – peran ini akan terus berinteraksi dengan pemilik produk dan tim, dan perlu melindungi tim agar tidak terlalu banyak bekerja, dan juga melindungi pemilik produk dari komitmen di Sprint. Semua ini membutuhkan keterampilan negosiasi yang hebat.

Tahu bagaimana menangani konflik – Dalam peran ini akan ada saat-saat ketika Anda diharapkan masuk ke panas saat itu dan membuat semua orang kembali ke keadaan dewasa mereka. Mengetahui untuk tidak memihak dan menetralkan situasi adalah kunci.

Motivasi – Tim taktik motivasi adalah alat kunci dalam kotak alat fasilitator proses. Hampir setiap hari beberapa tim atau orang hanya membutuhkan sedikit perhatian dan pemeliharaan. Anda perlu tahu cara mengambil dan menindaklanjuti antrean ini.

Pastikan untuk check out Scrum tambahan peran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *