Apa Resolusi TV Anda?

480i, 480p, 720p, 1080i, dan 1080p, apa artinya semua itu?

TV standar dari hari-hari hitam dan putih ke gambar warna yang kita tonton setiap hari di televisi terdiri dari serangkaian gambar diam ditampilkan pada 60 frame per detik di AS dan 50 frame per detik di Eropa. Gambar diam ini terdiri dari garis informasi individu yang bergerak dari kiri ke kanan di seberang layar diikuti oleh lebih banyak garis yang bergerak ke bawah layar. Dengan Cathode Ray Tube (CRT) yang digunakan TV untuk layar, permukaan datar yang Anda lihat dilapisi di bagian dalam dengan titik-titik atau persegi panjang fosfor. Sinar elektron diarahkan pada titik-titik atau persegi panjang yang menyebabkan mereka bersinar. Dengan TV definisi standar, ada 480 baris dan 640 set titik atau persegi panjang di setiap baris. Setiap set titik atau persegi panjang terdiri dari tiga titik warna (Merah Biru dan Hijau) dan kekuatan atau intensitas sinar elektron menentukan seberapa terang setiap warna akan. Sebenarnya ada tiga balok bergerak bersama di seluruh muka layar, masing-masing berubah intensitas saat mereka melintasi titik-titik fosfor atau persegi panjang.

Interlaced (i) atau Progressive (p)?

Untuk mengurangi bandwidth, sinyal TV biasa hanya mengirim 30/25 frame per detik ke penerima yang hanya terdiri dari 240 baris informasi. Jika hanya itu yang kita lihat di layar, itu akan terlihat seperti film lama yang berkedip-kedip. Di dalam TV, sinyal diproses dan dikirim dua kali ke CRT, garis-garis bernomor ganjil dipindai dan kemudian garis-garis bernomor genap dipindai dengan gambar yang sama. Ini disebut sebagai gambar interlaced dan menghilangkan flicker. Namun resolusi vertikal sebenarnya hanya 240.

Dengan gambar progresif, 60/50 frame per detik dikirim ke penerima dan semua garis dipindai sekali untuk setiap frame dan memberikan dua kali detail sebagai gambar interlaced dengan layar yang sama. Namun ini membutuhkan dua kali bandwidth. Perlu diingat bahwa non-digital di udara hanya 240 baris informasi asli, Anda dapat menggunakan pengganda garis atau scaler untuk menambah jumlah garis, tetapi tidak akan pernah setajam gambar aslinya.

Resolusi horizontal jauh lebih sederhana, pada dasarnya hanya jumlah titik, persegi panjang atau piksel di lebar layar Anda. Misalnya TV definisi standar 640 X 480, resolusi horizontal 640 untuk interlaced dan progresif.

Standard Definition DVD Full Screen dan layar Lebar

Dengan diperkenalkannya DVD, resolusi horizontal ditingkatkan dari 640 ke 720 untuk menampilkan gambar yang lebih luas dari film aslinya. Menampilkan dengan resolusi "720 X 480" dapat menunjukkan film-film ini menggunakan lebar layar penuh, namun ketika melihat gambar TV standar, orang-orang sedikit lebih gemuk.

Enhanced Definition TV

Format ini menggunakan pemindaian progresif dan gambar yang lebih luas untuk "854 X 480" dan meskipun jauh lebih baik daripada TV standar, ia masih tidak mendekati High Definition TV. TV standar biasanya memiliki bar hitam di setiap sisi karena orang-orang akan terlihat aneh menjadi sangat gemuk.

TV Definisi Tinggi 720p

Format ini adalah langkah maju yang besar, namun ketika melihat TV biasa, Anda masih terjebak dalam format lama "640 X 480". Layar 720P memiliki resolusi "1280 x 720" dan menggunakan pemindaian progresif untuk gambar yang sangat tajam. Scaler dan konverter digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar TV agar sesuai dengan layar. Untuk sinyal analog, peralatan video komponen dan kabel adalah persyaratan minimum. Video dan S-Video tidak akan berfungsi. Perangkat TV dapat menerima Video dan S-Video, tetapi tidak akan mengambil keuntungan dari resolusi penuh, menampilkan gambar yang lebih kecil atau melalui pemrosesan di TV memberikan gambar yang lebih besar meski tidak tajam.

Pemerintah melangkah masuk dengan Standar TV Definisi Tinggi 720p dan 1080i

Pada 17 Februari 2009, stasiun televisi akan menghentikan semua siaran analog dan hanya menyiarkan secara digital. TV analog yang lebih lama akan membutuhkan kotak konverter untuk menerima melalui pemrograman udara. Layanan kabel atau satelit tidak akan terpengaruh. Ada dua format yang akan digunakan oleh stasiun berbeda.

Format 720p menghasilkan gambar dengan 720 garis vertikal, masing-masing dengan 1280 piksel secara horizontal atau resolusi "1280 x 720". 720p menggunakan pemindaian progresif, seperti komputer, yang mengirim gambar lengkap 60 kali per detik. 720p memberikan rendisi gerak yang paling halus, tetapi tidak memiliki resolusi sebanyak 1080i.

Format 1080i membuat gambar dengan 1080 garis vertikal, masing-masing dengan 1920 piksel secara horizontal atau resolusi "1920 x 1080". 1080i menggunakan pemindaian interlaced, seperti TV tradisional, yang bergantian mengirim garis ganjil dan bahkan garis dan dengan demikian mengirimkan gambar lengkap 30 kali per detik. 1080i memberikan resolusi tertinggi, tetapi memiliki rendisi gerakan yang sama dengan TV tradisional.

DVD Definisi Tinggi 1080p

Pemutar DVD Anda berikutnya kemungkinan besar akan dapat memainkan 50 Gbyte DVD yang akan menggunakan High Definition Multimedia Interface (HDMI) yang juga akan memasok hingga 7 saluran audio definisi tinggi bersama dengan gambar 1080p. Ini dengan cepat menjadi standar untuk film DVD dengan cara yang sama seperti DVD menggantikan kaset VCR beberapa tahun yang lalu.

Untuk melihat film-film ini Anda akan membutuhkan tampilan HDTV dengan input HDMI dan pemutar DVD yang mampu memutar format baru dengan output HDMI. Anda juga memerlukan kabel HDMI khusus untuk menghubungkan keduanya. Penyedia kabel atau satelit Anda juga akan menggunakan koneksi HDMI sehingga Anda akan membutuhkan setidaknya dua konektor HDMI pada perangkat tampilan Anda.

Ada beberapa kelemahan pada model pemutar DVD High Definition saat ini. Perlindungan Konten Digital bandwidth tinggi (HDCP), menciptakan perlambatan saat memulai film, Anda mungkin berpikir bahwa Anda memiliki masalah dengan DVD Anda. Pemain hanya berbicara dengan perangkat layar untuk memastikan bahwa keduanya berlisensi dengan benar. Kecuali Anda melihat DVD pada layar 42 inci atau lebih besar Anda akan kesulitan membedakan antara 720p dan 1080p.

Broadband apa artinya?

Anda mungkin menggunakan broadband sekarang dan bahkan tidak menyadarinya. Seberapa sering Anda memilih film online dari perusahaan kabel atau perusahaan piring lokal Anda? Pernahkah Anda memperhatikan berapa banyak fitur definisi tinggi yang sekarang ditawarkan? Ketika pilihan menjadi lebih besar, menonton konten streaming akan menjadi sangat umum sehingga kita perlahan akan melupakan pemutar DVD kami. 720p sangat umum dan segera 1080p juga akan tersedia. Perlindungan untuk produser film sudah ada karena kotak definisi tinggi menggunakan HDMI dengan HDCP untuk output definisi tinggi.

TV Organic Light Emitting Diode (OLED)

Kemudian muncul OLED, kami sudah menggunakannya di ponsel dan laptop baru. Televisi OLED pertama diperkenalkan pada tahun 2008. Karena permintaan untuk layar yang lebih besar meningkat dan pipa yang sekarang penuh plasma dan layar LCD mulai kosong kita akan mendengar lebih banyak tentang kualitas warna dari OLED. Selama beberapa tahun, resolusi layar akan tetap hampir sama dan promosi penjualan adalah tentang warna. Namun perlu diingat bahwa tidak ada batasan ukuran layar dengan OLED dan itu juga fleksibel. Secara fleksibel akan memungkinkan untuk penanganan dan pemasangan easer.

Karena ukuran layar meningkatkan permintaan untuk resolusi yang lebih besar akan mulai dari awal lagi. Dan dengan fleksibel datang kemungkinan layar 360 derajat wrap-a-round. Ingat bahwa resolusi horizontal jauh lebih mudah daripada vertikal sehingga resolusi 16000 (atau lebih besar) X 1080p tidak keluar dari pertanyaan. Film 360 derajat tidak baru, Disney World telah memiliki satu yang beroperasi di Orlando selama bertahun-tahun. Anda berdiri di tengah dalam kelompok besar dan berbalik untuk mengikuti aksi. Beberapa recliners berputar dan layar mengangkat beberapa meter dan pergi Anda pergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *